[Cerita Dapur] Apple Pie - Metha Lastini




Cerita dapur week #06temanya “sweet pie” hostnya saya lhooo 😀 @methalastini follow2 saya jqngqn lupa 😉…cerita saya minggu ini di @ceritadapur bikin yg classic aja “APPLE PIE” …asal apple pie sih katanya dr amerika…ciri dr sweet pie ini pasti pakai buah apple yekan sesuai namanya biasanya jenis apel yg gunakan apel grany smith, rasanya agak asem …tp karna saya gak suka rasa asamnya maka saya ganti deh pakai apel royal gala…yang menonjol dr pie ini adalah aroma kayu manis dan untuk memperkuat cita rasa saya gunakan gula palem…untuk lengkapnya lihat resep yg saya lampirkan ya

APPLE PIE
Bahan:
Kulit
230 gr tepung serbaguna
125 gr butter
50 gr gula castor
Sedikit garam
40 ml air dingin
1 sdt vanilla extrac
Aduk semua bahan dalam food processor, akan berbentuk pasir kemudian satukan dan simpan dlm lemari es sedikitnya 1jam
Kemudian giling adonan tipiskan hingga ketebalan 3mm atur di loyang pie yg sudah di oles butter beri pemberat diatasnya (kacang2an/beras) panggang di oven yg sudah panas 180deci kurleb 25mnt
Sisihkan kulit pie yg sudah setengah matang 
Bahan isian
4 buah apel royal gala (kupas kulit dan potong2)
50 gr gula palem
25 gr gula pasir
1 sdt bubuk kayu manis
2 sdm air jeruk lemon
1 sdm tepung maizena
Campur semua bahan kemudian dimasak diatas kompor smp apel agak layu dan mengental
Sisih kan smp agak dingin
Setelah isian agak dingin dituang ke dalam adonan kulit beri sedikit potongan butter dingin untuk menambah aroma
Tutup adonan dengan sisa kulit pie bentuk anyaman
Oles kulit atas dengan kuning telur
Kemudian panggang di oven yg sudah panas 180 deci kurleb 25mnt ato smp warna golden brown 
Jadi deh dan siap disajikan 😋
@ceritadapur
#ceritadapur
#ceritadapur06
#ceritadapur06_SWEETPIE 
#ceritadapur_methalastini
#ceritadapur_sawangan

No comments