Header Ads

test

[Books] Sambal Nation - Bara Pattiradjawane

Selalu ada yang baru dari Chef Bara Pattiradjawane. Jika sebelumnya Chef Bara cukup mencuri perhatian para pecinta buku di ajang Frankfurt Book Fair 2015 dengan buku resep yang tampil disertai ilustrasi makanan, kini Chef Bara sedang mempersiapkan satu buku yang juga tak kalah istimewa.



Sambal dipilih Chef Bara sebagai satu topik yang akan ia perkenalkan kepada masyarakat dunia. Akan ada 45 resep sambal yang ia kumpulkan dari berbagai sumber, termasuk di antaranya rekan, sahabat hingga komunitas di sekitar Chef yang juga dikenal dengan sebutan Bara Supercook. Resep sambal yang ditampilkan merupakan resep-resep warisan yang sudah sangat digemari turun temurun dengan masing-masing ciri khasnya. 

“Di balik resep-resep sambal ini, tersimpan juga cerita yang sangat menarik untuk disimak. Dan cerita di balik aneka sambal ini juga pastinya bisa menambah nikmat menyantap sambal yang disajikan juga dengan aneka makanan khas,” ujar Chef Bara.

Aneka resep makanan khas tersebut juga disertakan Chef Bara dalam buku sambal ini. Akan ada 17 resep makanan yang lezat disantap dengan sambal-sambal istimewanya. Selain itu, Chef Bara juga mengajak penduduk sosial media untuk eksplorasi sambal-sambal dengan 8 hashtag dan pepatah tentang sambal dan cabai.

“Jadi sesuai dengan angka keramatnya Indonesia ya, 17 resep, 8 hashtag dan 45 resep sambal. 17-8-45!” seloroh Chef yang juga aktif sebagai penyiar sore di Delta FM. 

Buku ini menjadi lebih istimewa karena juga menampilkan foto-foto perjalanan Chef Bara ke banyak daerah di Indonesia untuk mencari resep sambal unik. Dengan keterbatasan penglihatan, Chef Bara nyatanya mampu untuk menangkap momen berharga perjalanannya mencari resep sambal istimewa. 



Foto-foto yang ditampilkan seperti menunjukkan akan bagaimana cara Chef Bara melihat sekeliling dari sudut pandangnya sebagai seorang pecinta kuliner. Momen yang ditangkap melalui kamera pemberian kakaknya, Rene Pattiradjawane, menjadi ajang pembuktian bahwa kursus singkat yang ia jalankan setelah mendapatkan kamera sudah bisa diperlihatkan melalui buku yang nantinya akan diperkenalkan ke dunia melalui London Book Fair 2019 pada 12-14 Maret lalu.

Ya, buku ini akan diluncurkan pertama kali dalam bahasa Inggris di London Book Fair 2019, di mana Indonesia nantinya akan menjadi focus marketatau guess of honor dalam ajang internasional tersebut. Chef Bara akan dengan sangat bangga memperkenalkan sambal sebagai salah satu cara untuk mempersatukan bangsa, di mana hampir di setiap meja sajian masyarakat Indonesia selalu terselip satu atau bahkan lebih sajian sambal dengan citarasa pedas yang khas.

Dalam buku tersebut, ia juga akan memperkenalkan jenis-jenis cabai yang digunakan, terutama jenis-jenis cabai yang memang hanya ada di Indonesia dan menjadi ciri khas dalam resep-resep sambalnya. Tentu saja ini menjadi salah satu cara yang sangat menarik untuk memperkenalkan kuliner Indonesia ke mata dunia.

Membuat tampilan buku ini menjadi semakin menarik, Chef Bara juga kembali berkolaborasi dengan Rahma Adriani setelah sebelumnya bekerjasama untuk buku Cerita Dapur Nusantara dalam Rasa & Rupa. Dalam buku ini, Rahma tidak hanya memberikan ilustrasi seputar sambal lengkap dengan segala atributnya, tetapi juga mendesain keseluruhan halaman buku agar tampil eye catchy.


in a journey bringing Sambal Nation to London!

1 komentar:

  1. Buku2 macam gini nih yang menginspirasi aku. Yang bercerita lewat sudut pandang yang berbeda. Jadi kepo pengen baca buku ini mba hehe

    BalasHapus