Wisata Menyelam Terbaik di Dunia

Berpetualang menikmati kehidupan bawah laut yang Indah dan mega sell menjadi misteri menarik untuk ditelusuri. 

Tapi tahukah kamu kalau ternyata menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), 95% lautan dunia dan 99% dasar lautan belum dieksplorasi. Naaaah, buat kamu yang seneng banget berkegiatan di bawah laut...

Booking.com menelusuri lima lokasi petualangan dunia bawah laut terbaik di seluruh dunia, lengkap dengan alternatif penginapan yang unik.

Raja Ampat, Indonesia
Sepertinya sudah tidak diragukan lagi keindahan alam di Raja Ampat ya.
Indonesia boleh bangga karena lokasi menyelam ini terkenal dengan keanekaragaman hayati yang kaya dengan pemandangan bawah laut terbaik di dunia.
Dengan pantai yang belum terjamah dipadukan dengan suasana menenangkan dan dihiasi dengan air jernih, Raja Ampat menawarkan pemandangan yang indah untuk melihat beraneka warna terumbu karang serta penampakan ikan pari, hiu, kura-kura dan ubur-ubur. 
Raja Ampat memiliki segala yang diinginkan oleh para penyelam.




Di sana, kamu bisa menginap di sebuah penginapan yang sempurna untuk merasakan pengalaman asli Indonesia. Raja Ampat Dive Lodge dilengkapi dengan semua fasilitas modern, termasuk akses wi-fi di seluruh pondok dengan restoran yang mempertemukan hidangan barat dan lokal yang dibuat dari bahan-bahan segar.
Di penginapan ini pun, kita juga bisa menyewa alat selam di dekat dermaga. Atau jika kamu lebih suka bersantai, kamu juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam atau mengunjungi desa terdekat untuk merasakan keramahan warga lokal.




Pulau Sipadan, Malaysia
Pulau Sipadan di Kalimantan, Malaysia telah menjadi salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Pulau kecil ini dikelilingi oleh karang hidup dan berada di atas gunung merapi bawah laut yang telah punah dan memiliki salah satu habitat laut terkaya di dunia. Habitat bagi kura- kura laut raksasa, spesies hiu (termasuk hiu martil), ikan barakuda, sekumpulan tuna dan ribuan spesies ikan lainnya. 
Sipadan tidak mudah diakses oleh banyak wisatawan, peraturan membatasi hanya 120 penyelaman per hari demi mempertahankan kelestarian pulau, tetapi kamu dapat mengunjungi Mabul atau Kapalai, sebuah desa nelayan yang berfungsi sebagai pintu gerbang ke Sipadan.


foto: malaysiaferrybooking.com
Ada satu penginapan yang disediakan khusus bagi para penyelam scuba. Mabul Paradise Lodge terletak hanya 25 menit dari Pulau Sipadan dengan kapal. Akomodasi ini dikelola oleh keluarga di Pulau Mabul yang dilengkapi dengan lounge dan restoran yang menyajikan beragam hidangan Malaysia. 
Kegiatan lain termasuk menggunakan kano, memancing, dan olahraga air serta fasilitas kesehatan & kebugaran untuk membuat tubuh lebih rileks setelah berjam-jam menyelam di laut.





Kolombo, Sri Lanka
Sri Lanka terkenal dengan situs penyelaman dengan kapal tua yang karam dan tertinggal di dasar laut. Sri Lanka juga merupakan daerah yang kaya akan sejarah, budaya, dan sumber daya alam yang telah ada sejak 2.000 tahun yang lalu, 200 kapal karam dan rumah bagi tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO. Transformasi kapal karam menjadi terumbu karang membentuk tempat berlindung bagi para penghuninya seperti belut, gurita, cumi-cumi, dan ikan yang tumbuh subur di lingkungan ini.


foto: srilanka-divingtours.com
Nah, kalau kamu adalah seorang wisatawan yang mencari penginapan dengan harga terjangkau tapi memiliki fasilitas luar biasa di pusat kota Kolombo, kamu bisa menginap di Bunkyard Hostels. Nama unik ini diambil dari tema junkyard dengan tempat tidur susun dan perahu yang memiliki 8 jenis kamar yang semuanya dibangun dengan menggunakan bahan-bahan lokal dan daur ulang.
Lokasi penginapan ini cukup dekat dengan Museum Nasional, bar dan restoran. 




Kepulauan Andaman, India
Terletak 850 mil di lepas pantai India, Kepulauan Andaman berada di lokasi terpencil dengan suasana tropis yang dikelilingi oleh keindahan alam. Tepi pantainya dipenuhi hutan bakau dan terumbu karang yang tak tersentuh dipenuhi dengan kehidupan laut yang menjanjikan pengalaman bawah laut yang benar-benar unik bagi para peselancar. Sebagai rumah bagi ikan-ikan sweetlip, kamu bisa dengan mudah melihat duyung di sana, Kepulauan Andaman jelas merupakan salah satu tempat yang harus ada di daftar keinginan kamu untuk merasakan pengalaman menyelam yang benar-benar luar biasa. 
Kepulauan Andaman merupakan surga bagi penyelam, jadi pastikan untuk mengemas peralatan menyelam kamu dan pesan penerbangan satu arah ke India untuk menemukan beberapa satwa liar bawah laut paling menakjubkan yang ditawarkan alam.


foto: diveindia.com
Kamu bisa menginap di hotel bintang empat, Heritage Mnr yang dilengkapi dengan fasilitas modern untuk suasana serasa di rumah. Hotel ini juga dilengkapi dengan restoran, sepeda gratis, kolam renang outdoor, dan bar. Berjarak 8 km dari Port Blair.





Kepulauan Mergui, Myanmar
Tempat ini terdiri dari sekitar 800 pulau dengan pemandangan bawah laut yang berbeda dan sangat populer di kalangan para penyelam berpengalaman karena memiliki batu-batu besar, gua, terowongan, dan lokasi drop-off
Meskipun tidak sepopuler tempat lainnya, tempat ini merupakan hidden gem bagi para penyelam dan jika kamu mencari sesuatu yang berbeda, kamu tak perlu ragu lagi. Tempat menyelam ini dikenal sebagai habitat bagi spesies yang beragam, seperti hiu, duyung, pari manta, barakuda, tuna, dan red lionfish.

foto: sailing-phuket.com
Menginapnya?
Di Green Eyes Hotel, kamu bisa sekaligus melihat pemandangan Shwethalyaung reclining Buddha di Pulau Patet. Juga bisa menikmati hidangan di teras restoran atau teras atap yang menghadap ke seluruh pulau yang menawarkan pemandangan Burma yang menakjubkan. 
Kepulauan Myeik merupakan salah satu rahasia yang paling terjaga di dunia karena hanya pernah dibuka untuk pariwisata pada tahun 1997 dan masih belum banyak diketahui, oleh karena itu, kepulauan tersebut masih menjadi tujuan yang dipenuhi dengan satwa liar, pantai pasir putih, dan air jernih yang belum ditemukan oleh wisatawan 
sebelumnya.




----
Sumber berita: booking.com

No comments