[Beauty] Teknik Pengaplikasian Cushion Ala Wanita Korea

Buat para beauty enthusiast, cushion udah pasti akrab banget di telinga ya!



Cushion sendiri merupakan foundation cair yang dikemas dengan praktis dan portable. Dilengkapi dengan aplikator puff, cushion mudah digunakan di mana saja. Inilah yang kemudian membuat cushion menjadi salah satu inovasi K-beauty terbaik di abad ke-20.

Selain mengoreksi warna kulit, cushion juga dilengkapi dengan manfaat perlindungan UV sehingga memudahkan dan merawat kulit penggunanya.

Ketika pertama kali diperkenalkan di industri kecantikan, cushion memiliki fokus pada manfaat multi-fungsi. Yaitu memberikan coverage, meratakan warna kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. 
Namun karena tekstur dan tipe cushion terus berkembang mengikuti tren, teknik pengaplikasian cushion pun kini semakin bervariasi. Sekarang, wanita Korea tidak hanya menggunakan satu cushion saja. Mereka mencampur 2 - 3 cushion dengan warna dan tekstur yang berbeda pada area wajah yang berbeda. 

Berikut adalah teknik-teknik pengaplikasiannya:

Teknik Pengaplikasian 1 Jenis Cushion
Menggunakan teknik layering  secara tipis dalam mengaplikasikan cushion dapat membantu memberikan dimensi pada wajah. Sementara, jika cushion diaplikasikan dengan porsi yang sama pada seluruh wajah sekaligus, justru dapat memberikan efek wajah terlihat lebih bulat. 
Pengguna cushion disarankan memulai dengan area yang membutuhkan coverage lebih banyak, contohnya area segitiga di bawah mata yang perlu dicerahkan, setelah itu fokus ke area yang lebih membutuhkan dimensi. Dengan produk yang tersisa pada aplikator puff, aplikasikan produk pada area dahi, dagu, sisi hidung dan bagian tengah wajah. 
Aplikasikan satu layer lagi pada area T-Zone dan area di bawah mata untuk efek concealing. Pengguna tidak disarankan menggesek puff pada saat mengaplikasikan produk, melainkan menggunakan ujung jari pada aplikator puff dan menepuk wajah secara perlahan seperti sedang mengisi produk pada pori-pori.

Teknik Pengaplikasian 2 Jenis Cushion dengan Tekstur Berbeda
Penggunaan 2 jenis cushion dengan tekstur yang berbeda seperti matte dan dewy dapat membuat wajah tampak lebih berdimensi. 
Langkah pertama adalah mengaplikasikan cushion dengan tekstur dewy yang sesuai dengan warna kulit, dari area tengah wajah hingga area luar sedikit demi sedikit. Lalu aplikasikan cushion dengan tekstur matte di area luar wajah untuk menciptakan dimensi. Gunakan warna yang lebih gelap pada area luar wajah untuk menciptakan soft contour sehingga wajah terlihat lebih kecil namun tetap terlihat natural.

Nah, semakin hari, inovasi cushion pun terus berkembang. Seperti inovasi yang dilakukan oleh innisfree yang menghadirkan berbagai bentuk produk cushion, mulai dari tipe spons, plate, dan juga mesh

Terinpsirasi oleh cap tiket parkir yang dapat memproduksi stempel seharian dan tidak cepat mengering, Amorepacific, perusahaan kosmetik terbesar asal Korea Selatan yang juga menaungi innisfree menciptakan cushion dengan menggunakan spons khusus. Spons terbuat dari busa uretan dan dapat menyerap foundation cair sehingga produk dapat diaplikasikan berkali-kali tanpa cepat mengering. 

Untuk tipe spons, innisfree memiliki 2 jenis cushion yang dapat menghasilkan tampilan make up berbeda. 

Yang pertama, Skinny Coverfit Cushion SPF41 PA++ seharga Rp. 325.000,-. Cushion ini cocok digunakan untuk kulit kombinasi dan berminyak yang didalamnya terkandung formula ekstrak Jeju Green Tea dan memiliki daya cover yang tinggi serta hasil akhir matte. 
Cushion ini juga dilengkapi dengan sebum-control powder yang dapat menjaga kadar minyak dan tingkat kelembaban kulit sehingga make up lebih tahan lama dan tidak menjadi kusam walaupun terkena keringat. 

Yang kedua, adalah cushion untuk kulit normal & kering yaitu Water Fit Cushion SPF45 PA++ yang dijual dengan harga Rp.325,000. Cushion ini mengandung perasan Jeju Green Tea yang memberikan kelembaban pada kulit sehingga memberikan hasil akhir tampilan dewy, membuat kulit tampak segar dan juga tidak lengket.

Di tahun 2018, innisfree sudah menghadirkan My To-Go Cushion seharga Rp.410.000,- dengan tipe plate yang higienis dan dapat dipersonalisasi berdasarkan 3 moisture level, yaitu matte, semi-matte dan glow. Juga dipersonalisasi dengan 3 coverage level; natural, medium dan high. Dengan begitu, pengguna dapat memilih cushion berdasarkan jenis kulit dan tampilan akhir yang diinginkan. 
Untuk natural coverage, My To-Go Cushion dilengkapi dengan SPF35 PA++, sementara untuk medium dan high coverage, dilengkapi juga dengan SPF50 PA++.

Lanjut, di akhir tahun 2019 innisfree juga menghadirkan cushion dengan tipe mesh, yaitu Light Fit Cushion SPF33 PA++ seharga Rp.375.000,-. 
Cushion bertekstur ringan ini dilengkapi dengan Double Span Mesh sehingga partikel mikro produk yang tersaring pada mesh dapat melekat dengan erat di setiap kurva kulit wajah.
Cushion ini mengandung hyaluronic sphere yang melembabkan dan memberi efek dingin, sehingga menghasilkan tampilan makeup semi-matte dan glowing. Selain itu, Light Fit Cushion juga dilengkapi dengan aplikator puff berbentuk seperti tetesan air dengan ujung segitiga yang dapat membantu pengguna untuk mengaplikasikan produk di area-area yang sulit terjangkau, seperti area di sekitar mata, sisi hidung dan bibir secara presisi.


Di Indonesia, seluruh produk cushion innisfree dilengkapi dengan 10 pilihan warna yaitu Light Beige (C13), Pink Beige (C21), Natural Beige (N21), Medium Beige (N22), True Beige (N23), Sand (N27), Walnut (N31), Chestnut (W33), Golden Cinnamon (W35) dan Golden Tan (W37). 


----
Sumber berita dan foto: innisfree

No comments