3 Oleh-oleh Cerita Arief Muhammad dari New Zealand

Terkenal dengan alamyang menakjubkan dan berbagai aktivitas outdoor, ternyata masih banyak hal tentang New Zealand yang belum diketahui banyak orang.

Salah satunya adalah uniknya budaya dan tradisi Suku Maori, suku asli New Zealand yang merupakan bagian penting dari keseharian Kiwi dan tradisinya juga dijunjung tinggi serta diterapkan di kehidupan bermasyarakat.

Arief Muhammad, yang populer di Twitter sebagai @poconggg, baru saja mengunjungi New Zealand. Di sana, Arief dan kedua temannya berkesempatan untuk menikmati berbagai pengalaman menarik, seperti mempelajari kebudayaan lokal dan berinteraksi dengan suku Maori yang menunjukkan keramahan dan kehangatan orang-orang New Zealand. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor bahwa kebudayaan New Zealand otentik.

Ada 3 hal yang menarik tentang orang Maori yang ingin dibagikan oleh Arief Muhammad dan Tourism New Zealand. Mereka adalah:
  

The All Blacks – Tim Nasional Rugby New Zealand menampilkan tarian Haka, ritual sebelum pertandingan dimulai

Kebudayaan Māori sangat melebur di keseharian Kiwi

Mulai dari frasa Bahasa Māori sampai dengan tradisi tarian Haka sebelum pertandingan Rugby dan resepsi pernikahan, New Zealand memadukan beragam kebudayaan suku Māori di berbagai aktivitas mereka. Tak jarang mereka menyapa satu sama lain dengan “Kia Ora,” yang berarti halo dan terima kasih. Jangan ragu untuk menyapa “Kia Ora” saat kamu di New Zealand, ungkapan sederhana ini dapat membuat kamu lebih mudah bercengkrama dengan penduduk lokal.

Selain itu, tarian Haka juga sangat populer di New Zealand. Meski dikenal sebagai “tarian perang”, Haka biasanya ditampilkan sebelum acara istimewa seperti upacara kedatangan tamu (Pōwhiri), pernikahan, dan acara olahraga. Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebudayaan Māori, kamu bisa mengunjungi Te Puia – institusi budaya dan kerajinan suku Māori di Rotorua, North Island untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang menyeluruh. Tapi jika kamu berada di South Island, bisa juga loh mengunjungi pusat kebudayaan Māori di Ko Tane, Canterbury, Christchurch.



Arief Muhammad menerima salam Hongi

Merasakan keramahan “100% Pure New Zealand Welcome”

Pengalaman pertama mengunjungi New Zealand?
Kamu akan selalu dapat merasakan kehangatan dan keramahan para Kiwi, sebagaimana yang digaungkan Tourism New Zealand dalam kampanye “100% Pure New Zealand Welcome”. 

Satu yang unik adalah ketika kamu diminta untuk melakukan tradisi saling menyentuhkan hidung dengan hidung. Jangan kaget yaaa.. tradisi ini dinamakan dengan Hongi. Tujuannya adalah untuk 'bertukar' nafas kehidupan. Dengan melakukan tradisi ini, seorang Manuhiri (pendatang) disambut untuk menjadi Tangata Whenua (masyarakat setempat).

Nah, kalau kamu tertarik untuk berinteraksi lebih banyak dengan penduduk lokal dan merasakan keramahan mereka, cobalah menginap di homestayAda banyak pilihan homestay yang bisa kamu pilih selagi berlibur di New Zealand. 

Salah satu yang direkomendasikan oleh Tourism New Zealand adalah Olive Homestay, Greytown, South Island yang bisa kamu capai dengan satu jam berkendara dari Wellington.  Di sana, kamu bisa menikmati ketenangan, pemandangan kebun zaitun yang indah, dan keramahan jamuan warga New Zealand selama menginap. Dengan halaman yang luas, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti menikmati sarapan berupa sajian rumahan khas New Zealand di taman, bermain sepak bola di halaman, bahkan bersepeda ke Sungai Waiohine yang juga terletak di dalam taman berukuran lima hektar tersebut. Tentunya hal ini akan membuat pengalaman kamu semakin berkesan di New Zealand.


Arief Muhammad menikmati alam New Zealand di Mount Cook

Menjaga Keindahan Alam

Mengadopsi nilai-nilai dan kebudayaan suku Māori, orang New Zealand percaya bahwa ketika manusia hidup berdampingan dengan alam, maka kita harus menjaganya agar tetap lestari. Sebagai negara yang diberkati dengan alamnya yang indah dan beragam, serta berbagai habitat flora fauna yang unik, Kiwi memiliki satu solusi yakni Tiaki Promise - sebuah janji yang harus ditepati oleh setiap pengunjung dan warga New Zealand untuk menjaga alam agar dapat dinikmati sampai anak cucu. Salah satu penerapan Tiaki Promise dapat dilihat dari meningkatnya berbagai akomodasi yang menyediakan rental sepeda gratis, makanan yang ditanam dan dipanen sendiri, serta bangunan yang lebih ramah lingkungan. Kamu bisa menemukan fasilitas tersebut dengan konsep berkelanjutan seperti di Te Arai Lodge, Auckland, North Island dan di Ecovilla yang berada di Christchurch, South Island.

Melalui Tiaki PromiseNew Zealand mengajak kita semua untuk menjaga keindahan alam dan isinya. Jika Anda ingin melihat keanekaragaman flora dan fauna New Zealand di habitat aslinya, kamu bisa mengunjungi Zealandia di Wellington. Cagar alam ini merupakan tempat penangkaran pertama dan terbesar yang berada di kota dan menirukan ekosistem habitat pra-manusia di mana kamu dapat menemukan satwa liar yang langka dan luar biasa berbeda.

-----
Sumber berita & foto: Tourism New Zealand

No comments