Kenali Cara Penularan dan Mencegah Terjangkit Virus Corona

Sebenarnya,
Hanya ada satu hal yang kamu perlu tau tentang bagaimana si virus corona ini menyebar.

source: google.com


Virus ini menyebar dan bisa membuat kita tertular adalah ketika si terjangkit menyemburkan virus melalui liur ketika batuk.
Dan ketika virus yang dikeluarkan melalui batuk itu masuk ke dalam mata, hidung, dan mulut orang yang sehat, maka kita bisa TERTULAR!

Jadi, 
Kalau kamu melihat ada orang yang batuk-batuk, bersin atau terlihat sakit, sebaiknya kita melakukan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut:

1. JAGA JARAK 
Paling tidak, jagalah jarak 0,5 hingga 2 meter dari orang yang terlihat sakit, batuk-batuk atau bersin. Kenapa? Ya untuk menghindari semburan-semburan virus itu nempel di beberapa bagian tubuh yang menjadi penghantar virus itu masuk melalui mata, hidung dan mulut kita dooongg...

2. Beri si Orang sakit itu, Masker
Penting banget loh buat orang yang sakit sebenernya, terutama yang batuk dan pilek, bersin-bersin juga.. untuk mengenakan masker.
Penggunaan masker yang tepat bisa baca di sini yaaa... 
Dengan dia menggunakan masker, paling ga virus-virus yang dikeluarkan melalui batuk atau bersin bisa tertahan di masker itu.

Tapiii...
Kalau mau lebih aman sik ya mending dalam waktu-waktu sekarang ini kita menghindari kerumunan orang banyak. Karena kan kita ga tau yaaa.. siapa-siapa aja yang sakit atau yang terjangkit virus itu.
Inget yaaa... orang yang terjangkit virus itu belum tentu terlihat sakit atau menunjukkan gejala sakitnya. 
Jadi daripada suudzon sama orang di tempat umum yang ramai... atau jadi stres sendiri karena keparnoan.. mending ga usah ke tempat umum yang ruaame gitu deeehh...
di rumah aja duluuuu... 

Kenapa tempat umum itu rentan banget sama penyebaran virus?
Karena ya emang berbagai macam fasilitas umum bisa aja jadi perantara peristirahatan sementara si virus-virus ini untuk bisa sampai ke badan kita.

Kebayang ga kalau ternyata virus-virus itu bisa nempel di mana ajaaaa..
seperti di kenop pintu, pegangan di MRT, bis atau kereta, pulpen, button lift, pegangan eskalator, gelas atau cangkir di cafe-cafe... peralatan makan..
duuuuh.. kok makin banyak ya listnya.. jadi makin parno nih.

Perlu kamu ketahui, virus itu bisa bertahan selama 24 jam menempel di berbagai objek loh, di luar tubuh makhluk hidup. 

Dan ketika kita menyentuh barang-barang tersebut di atas.. bukan ga mungkin kita ga sadar menggunakan tangan kita yang sudah terpapar virus untuk menggaruk mata, muka atau menggaruk muka nya anak kita.. yang bisa bikin virusnya masuk ke badan kita.. HIIIIYYYY

Itulah kenapa kita sendiri juga penting nih mengenakan masker di masa-masa sekarang.
Buat pencegahan ga papa ya, Geys!

Selain itu..
Sebaiknya kita juga rajin banget nih mencuci tangan dengan sabun (tentunya) untuk membersihkan diri dari virus yang menempel.



No comments