Luang di Waktu Kerja

Ada saatnya kita mengalami waktu di mana kita memiliki waktu luang di sela-sela waktu bekerja. Tapi masa sih karena luang, lalu kita jadi tidak produktif dan berhenti melakukan pekerjaan. 

foto: google.com


Masalah dari kesibukan bekerja terus menerus adalah bahwa kita kehilangan kesempatan untuk merencanakan dan menata. Sebaliknya, kita terjebak dalam siklus tanpa henti dalam mengejar ekor kita sendiri.

Lain kali, ketika kamu mengalami hari yang agak senggang, coba deh lakukan hal-hal yang disarankan oleh JobStreet.com untuk tetap produktif. 

1. Get Organised

Kalau akun email selalu banjir setiap harinya, ini saat yang tepat untuk memilah-milah email dan menatanya dalam folder-folder yang tepat. Kamu bisa menghapus junk mail dan membuat arsip dari email yang sudah dikerjakan. 
Ketika melakukan hal ini, kamu juga bisa sekalian merapihkan file di komputer. Hal ini tidak hanya akan memudahkan kamu untuk bekerja dan mencari file yang dibutuhkan, tapi juga akan menambah daya simpan dan mempercepat kerja mesin komputer. 

2. Bersihkan Meja

Begitu banyaknya aktivitas kamu di meja kerja pasti akan menyisakan beberapa hal yang menumpuk dan membuat meja terlihat penuh. Sebut saja kertas, majalah atau brosur yang mungkin sudah diam di sana selama berbulan-bulan. Ga ada salahnya dipilah-pilah lagi mana yang masih dibutuhkan dan membuang yang sudah tidak digunakan.
Meja yang bersih dan lapang akan membuat bekerja semakin nyaman.

3. Membuat Daftar yang Harus Dikerjakan Minggu Depan

Membuat daftar ini adalah cara terbaik untuk melacak tugas dan tetap mengutamakan yang menjadi prioritas. Dengan membuat daftar ini, kamu akan tahu harus mengerjakan pekerjaan apa dan menyiapkan mental agar siap melakukan beban kerja yang akan dilalui.

4. Perbarui Catatan Pencapaian

Membuat buku harian untuk mencatat dan melacak pencapaian kamu selama ini tidak hanya berguna untuk review kinerja, tetapi juga dapat menjadi referensi yang berguna saat kita perlu untuk memperbaharui resume di masa yang akan datang. 
Toh, kita seringkali harus berpikir keras mengingat apa saja yang sudah kita capai selama bertahun-tahun. 

5. Belajar Ketrampilan Baru

Mempelajari sesuatu yang baru selalu bermanfaat untuk perkembangan personal kita, juga untuk kebaikan perusahaan. Banyak yang bisa dilakukan untuk bisa mempelajari hal baru. Bisa secara langsung ataupun online.

6. Tinjau Perkembangan Karier

Evaluasi apa yang telah kamu pelajari dan capai sejak kamu memulai pekerjaan. Refleksikan juga apakah kamu sudah menuju ke arah yang tepat. Jika hingga saat ini karier kamu masih di situ-situ saja, kini saatnya bertanya pada diri sendiri tentang apa penyebabnya dan mulailah untuk membuat daftar tujuan-tujuan baru yang bisa mengarahkan kamu ke arah yang tepat.

No comments