[Catatan Perjalanan] Serunya Pasar Raya Salatiga

Tumben kaaan gue main ke pasar...
hehehehehe...

Sebenernya jalan-jalan ke pasar ini mengandung misi terselubung.
Yang pasti bukan misi belanja untuk dimasak sendiri di dapur yaaaa...

Kemarin gue itu nemenin Opa yang mau motret daun adas atau dill di pasar Salatiga.
Sayangnya, karena musim kemarau kemarin yang panjang banget, daun adasnya jadi banyak yang kering dan jadi cuma sedikit yang bisa dijual.

Biasanya (menurut Opa)....
daun adas dijajakan sampai menggunung-gunung saking banyaknya.



Tapi sekarang, ga sampe segunung...
segining aja... *laaaahh!!! hahahahaha

Tapi, tanggung lah ya..
Udah ke pasar, pasti nemu banyak banget yang bagus-bagus.

Buat gue..
Ke pasar itu perjalanan yang sangat ajaib.

Dan biasanya, di pasar itu gue lebih sering 'menangkap' para penjaja nya dibanding barang-barang yang dijajakan.

Apa sih yang menarik buat gue?

Terutama di pasar-pasar di daerah Jawa...
Suka banyak tuh mbah-mbah yang jualan.
Dengan kebaya dan kain trus rambut dicepol khas embah-embah gitu..
Sukak banget gue motret nyaaaa.....

Ada satu embah putri yang ceriaaa banget..
Orangnya senyum dan kelakar an.
waktu itu kita mampir ke tempatnya karena embah itu jualan temu kunci.

Penasaran itu apa.. dan bisa diolah gimana..
Akhirnya kita mampir dan ngobrol-ngobrol sebentar sama si embah ceria pagi hari di pasar Raya Salatiga :)



Si Embah bilang... temu kunci itu selain buat sayur bening juga enak dicampur di Trancam.
Tau dooong, Trancam itu apa?
Semacam urap-urapan khas Jawa Tengah yang pake daun kenikir.
Enak, seger krinyes-krinyes gitu deh...

Sebelahnya, 
ada si embah yang jualan bawang-bawangan...
Kalo si embah yang ini ga seceria si embah yang jualan temu kunci.



Sementara teruuuus jalan...
Kita ke section yang jualan bunga-bunga segar.

Nah!
Di situlah gue bertemu dengan si embah putri yang canciiiikkk...
Kenapa cantik?
Kan embah-embah...



Liat deh gaya nya..
Pas banget dengan jualannya.. jualan bunga-bunga..
Si embah putri ini masih keliatan aura cantiknya karena juga masih pake aksesoris yang bikin si embah ini ketebak banget pasti dulunya kembang desa... *tssaaaahh

Di depannya, bunga mawar merah dan putih...
Jadi bikin si embah ini langsung kayak tertangkap mata...
Seger banget!



Lanjut lagiiii...
Seneng aja liat begitu riuh rendahnya suasana di pasar.
para penjaja sibuk dengan dagangannya.. sementara para pengunjung juga terlihat asik dengan kegiatannya... mencari kebutuhan, menawar dan sesekali bertemu sapa dengan kerabatnya.

Beberapa yang menarik perhatian gue adalah penjaja ikan cue'
Inget dooongg..
cerita waktu gue mau beli ikan cue' tapi dikira beli ikan buat ngasih makan peliharan kucing.
hahahaha



emang iya, ikan cue' cuma buat kucing?
Gue doyan banget ikan cue'.. dibelado atau yang ternyata kata Opa.. dicocol sambal Colo-colo juga enak!

Petai di Salatiga juga kata Opa beda rasanya...
Lebih mirip kacang katanya..
dan dia beli serenceng!

Sementara Opa beli petai, gue asik mengamati ibu-ibu yang jualan petai sudah dikupas.
Jadi dia ngupasin satu-satu petainya...



Trus juga ada penjual bawang putih tunggal yang udah pasti diborong sama Opa untuk dibuat black garlic.
Sekilonya 120rb...
Murah apa mahal tuh?
hahahaha.... *baladaemak2gapernahbelanja



Ada satu makanan khas di Salatiga yang gue belom tau sik.
Bentuknya kuning seperti kue..
Sumpah tadinya gue kira itu kue tradisional.
Tapi ternyata itu adalah telur ikan kali yang diolah dan dipressed dengan bentuk lempengan itu.

Kita beli untuk dimasak sama chef hotel tempat kita tinggal.
Tapi di pasar itu juga ada telur ikan (bukan yang berbentuk lempengan)... dibungkus daun dan ternyata itu dikukus. 





Nah, kita bawa dong ke hotel dan digoreng garing oleh chef hotel.
Harus garing banget ya biar amis nya hilang..
Makannya, pakai sambal apa aja... enak kok!




Satu yang paling berkesan adalah embah putri yang gue temuin di perjalanan pulang...
Badannya yang renta menarik perhatian.

"Ya Allah..... semoga sehat ya, Mbah... semoga dagangannya laku"



Umur segitu masih jualan di pasar...
aku terharuuuu..
kalo bisa dibawa ke Jakarta, gue beli deh tuh udangnya.

Begitu mata kita bertemu...
Si Mbah bilang...
"cah ayuu.... belanja. Cah ayu tenaaaann"
sambil senyum.

Ngebales senyumnya.. 
Gue langsung melengos. Takut ketawan mata ini mulai berkaca-kaca...








1 comment: