[Baking] Kenali Aksesoris Mixer Kamu....

Menyebut diri gue sebagai baker..
*tsaaaaaheeelaaaaahhh
Nggak baker-baker amat sik. Cuma ngaku-ngaku juga sebenernya *uhuk!



Satu yang mendasari awalnya, kenapa gue mulai jualan kue.
Sebenernya sik cita-cita dari hasil jualannya ga muluk-muluk waktu itu.

"Gue cuma pengen punya mixer KitchenAid Artisan!"

Luhur banget kan cita-cita gue.
hahahahaha

Trus kenapa gue ga beli sendiri dari gaji yang gue dapet dari kerjaan utama?

ga aci laaaah..
Gue perlu booster supaya bisa kebeli mixer itu.. dengan hasil jerih payah berjualan kue.
Selain itu, dengan gue berhasil ngumpulin uang untuk beli mixer, yang di tahun 2010 an harganya masih 4,2 juta.. berarti gue beneran membuktikan bahwa gue serius banget pengen bisa baking.

Waktu itu gue beli cicilan 12 bulan pake leasing dari Mbak Yuli "Kue Rumahan"...
Warna merah, yang katanya bawa 'hoki'
Hahaha... emang suka nya warna merah aja sik :p

Mixer nya gagah banget!
Dan di tahun itu... kayanya punya mixer merk itu bisa jadi satu kebanggaan.
Hihihi.. gengsi ya, neeeiik...

Mixer nya datang dengan 3 aksesoris pengaduk adonan.
Yang mana gue ga gunain semuanya.. dan baru ngeh kalo ternyata ada 3 macem.

Selama ini gue cuma pake yang si balloon nya doang..
Dan yang keluar dari kardus itu ya cuma si balon itu doang, yang lain masih duduk manis di dalem kardus, nunggu si empunya o'on ini ngeh dulu.

Jadi gini yaaa..
setelah gue googling apa saja maksud dari si ketiga aksesoris itu..

Yang pertama
Wire Whip -- yang juga gue sebut si balon itu



Bentuknya emang kayak balon.. gelembung gitu.
Sejatinya, wire whip ini digunakan untuk mengocok adonan yang harus membentuk atau mengumpulkan udara di dalam adonan supaya kue nya jadi ngembang.
Bisa digunakan untuk mengocok adonan telur, putih telur, adonan sponge cake, adonan angel food cakes, frosting yang dimasak, mayones, mengocok heavy cream dan beberapa adonan permen.
Bentuknya gelembung karena memang bahan diharapkan dapat berkumpul dan ketika whisk nya berputar, di dalamnya akan menangkap 'udara' yang dapat membuat adonan mengembang, begitu juga dengan hasil akhir nya.

Kedua, Flat Beater
Dimensinya gepeng... dengan huruf K yang diberi frame bentuk segitiga.



Biasa juga para bakers nyebutnya "K beater"
Nah, lazimnya... aksesoris yang ini digunakan untuk mengocok adonan bervolume sedang hingga berat, seperti cake, buttercream, cookies, mashed potato, biskuit, pie pastry, meat loaf gitu-gitu deh.
Jadi adonan yang diaduk ga munyer di dalam pengaduk nya itu sendiri.
Sementara aksesoris ini ga pernah gue pake sebelumnya karena emang lebih sering bikin sponge cake sik. hahahaha.. jadi bener juga sebenernya gue. *pembelaandiri.

Ketiga, Dough Hook
yaaang digunakan untuk mengulen adonan yang mengandung ragi.



Sebenernya jadi pertanyaan dalam benak gue, apakah mixer cakep gue ini bisa dipakai untuk bikin donat.
Dan terjawab lah sudah setelah gue menemukan si hook ini. hahahaha *blo'on

Jadi gitu ya, sodara-sodara....

Mungkin kalau di mixer kecil biasa, loe cuma akan menemukan dua aksesoris, yang seperti balon atau yang muntir-muntir.



Nah lebih simple lagi sebenernya... kalo mau kocok adonan cake dan lain-lain (serbaguna lah pokoknya) ya pake yang bentuknya kayak balon itu.
Ataaaauuu kalo mau bikin roti bisa pake si aksesoris yang muntir-muntir dong aaaahh...

---
Foto: google.com

No comments