[Budaya] Datangnya Sinterklas di Belanda & Belgia

Jadi inget waktu ke Belanda tahun lalu...
Opa ngasih oleh-oleh buat bunnies.. cokelat huruf yang banyak kita temuin di supermarket di sekitaran Belanda..

sumber: google.com

Ternyata ada maksudnya si cokelat huruf ini.
Di tanggal 5 Desember.. 20 hari menjelang Hari Natal..
Di Belanda dan juga Belgia ada tradisi menanti datangnya si Sinterklas.

Tradisi ini biasanya ramai oleh anak-anak yang percaya akan sosok Sinterklas ya.
Tau kan...
Sinterklas yang selalu ditunggu anak-anak untuk memberikan kado di hari Natal.

Di malam sebelum datangnya Sinterklas ini...
anak-anak akan menaruh rumput atau wortel di dalam sepatunya.
Dan si sepatu itu ditaro di pintu rumah..

source: google.com


Maksudnya sik sebenernya si rumput dan wortel itu adalah makanan untuk raindeer atau rusa yang membawa kereta Sinterklas untuk mengunjungi anak-anak dan mengantar kado.

sumber: google.com


Nah, ketika mereka terbangun di pagi hari..
Mereka akan langsung menghampiri sepatu-sepatu mereka dan mendapati cokelat dengan huruf inisial nama mereka masing-masing.
Selain cokelat itu, juga ada kukis khas Belanda bernama Kruidnoten.


sumber: google.com
Terkadang, di sela-sela rumput dan wortel yang mereka sesapkan di sepatunya, mereka juga menyelipkan catatan kado yang mereka inginkan di Hari Natal.

Nah, jadi sebenernya tradisi ini memulai rangkaian perayaan Natal.
Karena biasanya, orang tua akan sibuk mempersiapkan kado-kado Natal untuk anak mereka.

Ada yang sibuk belanja kado, atau justru membuat kado istimewa buat anak-anaknya.

Senengnya, di tradisi ini..
Biasanya semangat Natal sudah dimulai dengan berkumpulnya anak-anak di satu titik dekat rumah mereka untuk menyambut datangnya Sinterklas.

Eh, Sinterklasnya biasanya udah dateng lengkap dengan para pembantunya, Zwarte Piet lho.

Hehehehe.. 
Dulu gue paling takut sama si Zwarte Piet itu. 
Soalnya iteeeem banget!



Psstt..
Dalam keluarga besar gue memang ada yang merayakan Natal.
Tepatnya eyang putri dan tante gue adalah Kristiani.
Jadi memang dulunya, gue selalu menantikan terbangun di hari Natal dan lari langsung ke pohon Natal untuk liat kado gue apa yaaaaa..

Sementara tradisi datangnya Sinterklas ini gue baru tau tahun lalu.
Ketika gue udah ga lagi percaya dongeng Sinterklas ini..hehehehe..

Tapi menyenangkan aja ketika tau tradisi ini..
Seenggaknya nyambung banget dengan terpergoknya misteri kado di pagi hari Natal.

Jadi mau tau ceritanya gue sampe ga percaya sama Sinterklas?
hehehehe....

Jadi gini..
Dulu itu, perayaan Natal selalu gue tunggu-tunggu.
Namanya juga anak-anak kan yaaa.. 
ya yang paling ditunggu itu adalah kadonya doong.

kira-kira sampe kelas 2 SD lah ya.
Hingga pada malam Natal.. kita yang anak-anak disuruh tidur cepet sama Eyang dan Tante gue..
katanya biar cepet pagi trus cepet terima kado dari Sinterklas.
Nurut dong yaaaa..

Tengah malem.. gue kebangun dan mau ke toilet karena kebelet pipis.
Pas bangun, kok di ruang tengah rame banget masih pada ngobrol trus ketawa ketiwi...
Gue ngintip ke sana.. 

Ternyata... Jeng Jeng!!!
Berkumpulah Eyang.. Tante-tante gue..
Mereka rame-rame lagi bungkusin kado karena di meja besaaaarr udah berantakan banyak barang dan kertas kado plus pita-pitanya.

Blaaaah.. 
Otak gue berpikir...
ooooh, jadi kado gue selama ini yang beliin mereka.. bukan si Sinterklas di Golden Truly hahahahahahaahaaa...

Kalo inget kejadian itu..
Gue jadi pengen ngakak sengakak-ngakaknya. Kok ya bisa kepikiran itu Sinterklas yang ngasih yaaa..

Karena biasanya sebelum hari Natal itu, kita (ponakan-ponakan kecil ini) diajak ke Golden Truly buat antri ketemu Sinterklas..
Di sana.. kita antri satu-satu buat dipangku sama Sinterklas.
Nanti pas dipangku.. kita ditanya..."setahun ini nakal apa nggak" yang berakhir dengan "nanti Natal mau dikasih kado apa?"

Selama itu, apa yang gue minta sik ga pernah meleset.. 
jadi gue pikir itu kado dari Sinterklas.. hahahahahaha 


Komentar

Postingan Populer