[Think] Biar Mental Kita Juga Sehat

Percaya ga?
Kalo ternyata ga cuma badan aja yang harus sehat...
tapi mental juga harus sehat!


Ya iyalaaahh...
kalo mental terganggu, gimana kita bisa mikir dengan bener?
gimana kita bisa ambil keputusan dengan bener?

Nah, 
ada 7 kebiasaan yang ternyata baik banget dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa menguatkan otak kita...
(hah?? emang otak kita kuat mau disuruh ngapain?? disuruh mikir laaah!) :p

Terima Tantangan!
"Keadaanmu yang sekarang tidak menentukan ke mana kamu dapat pergi, mereka menentukan di mana kamu memulai." - NidoQubein
begitu deeehh..
gue dulu pernah ngerasa kalo gue itu ga bisa apa2..
masih kurang dari segala segi kehidupan..
cuma dengan menerima tantangan... satu persatu hal yang mungkin ga gue pelajari secara teori di sekolah, bisa dilewatkan.
Pasti ada takutnya dulu deh.. namanya juga baru memulai melakukan sesuatu yang belum pernah kita lakukan..
tapi setelah bisa melewatinya, kita jadi lebih tau apa yang kurang dan harus menambahkan bumbu-bumbu khas kita sendiri di mananya.
Setelah menerima tantangan.. gue yakin pasti kita butuh banyak latihan atau pengalaman untuk bisa menghasilkan segala sesuatunya lebih sempurna.
Kadang gue juga suka mikir, hidup itu dijalani aja.. trial and error..
Kalo ga dicoba, kita ga akan tau gagal nya dimana.
Dan next nya kalo kita kepentok dan harus melakukan itu.. kita masih belom tau harus mulai dari mana..
yekan??

Sadari Pikiranmu
Nah, ini!
Dari kecil, gue suka ngomong ke diri sendiri..
sebenernya sik lebih ke afirmasi diri ya..
Kalo gue itu bisa.. gue itu berani , dan lain sebagainya..
Dari hal-hal yang kecil aja dulu deh...
Dulu waktu masih sekolah suka kepikiran, "ah, masa sik gue ga lebih pinter dari si ini.. si itu.." 
Percaya ga percaya.. dari pikiran itu, gue bisa punya nilai bagus..
Tapi jalan mencapai nilai bagus itu, gue ga perlu ngerasa kerja keras banget.
Karena pikiran gue itu, gue bisa ngejalaninnya lebih santai, tanpa beban.. 
Jadi intinya.. apa ya?
berpikir positif aja kali ya!
Lebih percaya diri.. ga takut, ga malu..yekan??

Berlatih untuk Bersyukur
Ini jugak!
semakin tua hidup gue ini.. gue semakin banyak bersyukur..
Kadang kalo lagi di perjalanan mau ke kantor, suka mikir "ih, enak kali yaaa.. ke kantor disetirin, pake supir jadi bisa tidur dulu, ga ngantuk pas sampe kantor, ga ngerasain pegelnya kaki karena macet.. bla bla bla"
Tapiii, beberapa meter kemudian..
Yang gue liat adalah para pekerja lari-lari sampe keringetan, bawa-bawa tas banyak sambil ngejar-ngejar bis..
Atau berdiri umpel-umpelan di bis.. ngantuk-ngantuk sementara jalanan macet, dan entah mereka harus berdiri berapa lama untuk sampai di tujuan.
Kalo udah gitu.. gue pasti akan ngebatin, "Ya Allaaah.. alhamdulillaaaaahh... gue masih punya pekerjaan, bisa ngantor naik mobil, biar kata nyetir sendiri tapi ga perlu desek2an di bis, berdiri.. atau lari-lari ngejar bis sambil bawa barang banyak... ujan ga keujanan.. mobil berAC jadi ga gerah... aaah, alhamdulilaaaahh"
Banyak banget sebenernya kalo mau diceritain soal bersyukur ini.. 
Karena sebagai manusia, kita pasti ga pernah puas. Selalu berpikir bahwa orang yang terlihat "lebih" itu enak.. bahagia.
Padahal... belum tentu!
Bisa jadi mereka bergelimang materi, tapi secara batin ga puas.. 

Tetap Tenang
Sebenernya, ini lebih ke gimana kita bisa mengendalikan diri sendiri. Duluuuu, waktu masih belasan atau di umur awal 20-an.. gue juga ga terlalu tenang sik. Lebih banyak panik. Apalagi kalo udah urusan kerjaan di mana gue baru aja terjun ke dunia kerja.
Intinya sik, pahami banget yang mana wilayah kita. Pahami juga jalur atau peraturan-peraturan yang ada. Pastiin juga apa yang kita lakukan itu masih on track atau emang udah melenceng banget dari apa yang sudah ditentukan. 
Itu yang bikin gue sedikit lebih tenang.. kalaupun gue tau ada kesalahan (yang biasa nya baru tersadari setelah itu kejadian).. dengan tau jalur mana yang bener, gue akan dengan mudah balik lagi ke jalur itu untuk bisa mencari solusi penyelesaiannya.
Jam terbang sik, emang kalo kita banyak pengalaman, bikin kita jadi bisa memutuskan segala sesuatu dengan kepala dingin. Bukan dengan panik yang bisa jadi malah bikin jadi masalah. 
Satu lagi yang paling penting adalah kita harus bisa jujur dan mengakui kalo kita salah. Pasti segala sesuatunya bisa diselesaikan jika dibicarakan baik-baik, dengan intonasi yang baik dan dengan situasi yang lebih tenang. yekaaan??

Bernafas
Nah!
Hahahahaha... udah pasti lah kita rutin bernafas kaaan.. kalo ga kita metong doong!
Tapi maksudnya di sini adalah bernafas atau menarik nafas dalam juga bisa jadi teknik yang ampuh untuk menenangkan saraf. Teknik ini dapat menurunkan tekanan darah kita dan meningkatkan suplai oksigen ke otak. 
Biasanya.. kalo udah gini (suplai oksigen di otak cukup).. kita jadi lebih lega dan tenang. Coba deeeh!

Olahraga Teratur
Percaya ga percaya nih ya.. olahraga itu ga cuma bermanfaat untuk kesehatan fisik.
Mental kita juga bisa ikutan sehat loh!
Ketika kita berolahraga, tubuh akan mengeluarkan unsur kimiawi 'bahagia' yang disebut endorfin. Nah thanks to endorfin, kita bisa merasa bahagia deh.
Jadi, jangan heran kalo emang kita depresi atau cemas, dokter bakalan ngasih saran untuk berolahraga rutin.
Berkeringat juga ternyata menjadi cara yang baik untuk menghilangkan stres. 

Bayangkan Tujuan Anda
Punya impian itu PENTING. 
Jadikan impian itu cita-cita.. tujuan kamu.
Tapi ga cuma sekedar impian atau cita-cita aja.
Bikin ACTION!
Mulai dari impian, lanjutin lagi dengan membuat detail tujuan itu sendiri. Biasain yaaa.. kalo punya cita-cita itu detail. 
Mulai dari cara menuju ke sana, harus apa aja yang disiapin, harus gimana menuju ke sananya. 
Percuma kan punya impian atau tujuan atau cita-cita tapi kita ga melakukan apapun untuk bisa sampai ke sana. 
Bahkan yang punya impian ke bulan pun, mikirin gimana caranya bisa sampai ke bulan, naik apa.. harus siapin perlengkapan apa... sampaaaaiii kalo udah sampai di bulan, apa yang harus kita lakukan supaya bisa bertahan hidup di sana. yekaaan??



No comments