[Recipe] Biskuit Tradisional - Kue Bangkit

Nah... sebenernya gue udah lama 'ngeh' bahwa rasa bangket ini nikmeh sekali..banyak di tweet berseliweran puji pujian soal bangket. Trus banyak modifikasi rasa yang bikin bangket makin jadi favorit. Ditambah lagi dengan adanya Bangket Week di milis sebelah...tapi anehnya, baking blue melanda dan tak juga dapur ini menghasilkan bangket.  


Di KBB ini, ternyata keluar tantangannya pun 'bangket', selalu jadi motivasi buat gue akhirnya bikin.  Beli cetakan pun dilakoni begitu terima surcin..(menjelang satu bulan hari detlen). Tapi yang namanya nyempilin sedikit waktu itu yang susye. hehehe..

Akhirnya, mau ga mau dimau-mauin...Minggu, 27 November 2010 malam (baru mulai jam 21.00) akhirnya mulai menggoseng tepung sagu. Ini juga kayaknya bareng ma teh imol dech..hehehe..  Abis ngegongseng..masih sekut-sekut bebi ilopyo dech. Ngadon, gampil! Keluarin cetakan dari lemari..mulai mikir..ini adonan mawur-mawur gini gimana nyetaknya yaaa.. Jurus nekat dikeluarin, sumpel-sumpelin adonan di cetakan...begitu ngeluarinnya...PR!!!! ga mau keluar! Sekalinya keluar...ambrol! hiks hiks..

Panik langsung BBM mak Lina di cibubur (berdoa mudah-mudahan belum tidur). Ada tips-tips tambahan dari Mak Lina..(yang akhirnya ditimpalin juga ma Mira di Bandung via twitter, malem-malem ngerepotin orang niy gueee...:p nuhun yak, teteh-teteh!). Tambahin ekstra margarin biar adonannya lebih 'ngumpul' dan masukin dulu ke kulkas biar adonan lembab.

Setelah dicoba...dicetak lagi..masih ga bisa dikeluarin juga...hiks hiks..mulai desperado. Padahal itu cetakan bagus banget..hehehe..



Menjelang desperado, akhirnya ngubek-ngubek cetakan praline (karena pernah baca kalo pake cetakan praline juga bisa). Selain juga meragukan adonan gue bisa dicetak kayak sarannya Mamin...(sorry ya, Maminoti...bukannya ga mau pake tips nya..tapi gue ga yakin adonan gue bisa dicetak). Baru dech bisa pake cetakan praline. Cuma ya itu, harus diteken-teken cetakannya. Udah berhasil nyetak hampir 1/2 loyang, begitu ngegeprak adonan lagi..hwaaaa...adonan yang udah kecetak kena dan mendadak ancur...waaaa...mulai panik karena udah jam 22.30 dan belum ada satu batch pun yang masuk oven.

sabar-sabar...tenang...mulai lagi dari awal...dan akhirnya berhasil dapet 1 loyang kecil yang pakai cetakan praline. Masuk oven. 
Nyobain lagi pake cetakan kue satu...digeprok-geprok di tangan (karena kalo di meja takut anaknya pada bangun). Lumayan ngegemesin waktu berhasil keluar..yaiy!
Akhirnya pengen nyoba bikin pake cetakan kue satunya...tapi kok lama-lama tangan gue jontor yaaa (eh, itu sich bibir yaaa)..




Akhirnya yang dibentuk pakai cetakan kue satu jadi 1,5 loyang kecil. Alhamdulillah...sambil nunggu batch pertama mateng.

Begitu mateng, gue penasaran pengen nyoba..langsung nyomot 1 (jam 23.30). Begitu nyomot..hap! masuk mulut...*nyaris pengsan tengah malam....hahahahaha...langsung heboh masuk kamar..bawa 2 biji dan nyekokin ayah dan Kayla yang masih ngobrol beduaan..hihi.pemaksaan harus nyobain.


Ayah seperti biasa, ga doyan karena terlalu berasa susu..tapi Kaylaaaa?? itu setengah loyang batch pertama, dia doang yang ngabisin...hahahaha.....senang! langsung Dora dancing tengah malam.

Yuk, ach cobain buat..monggo ini resepnya yaaaa....




Bangket Susu


Bahan

• 500 gr sagu
• 100 gr margarine
• 150 gr gula halus
• 75 gr susu kental manis


Cara Membuat

  1. Sagu disangrai dengan daun pandan, dinginkan.
  2. Campur semua bahan.
  3. Cetak menggunakan cetakan kue satu.
  4. Bakar dengan api kecil (140 derajat Celcius) selama lk 10 menit. 5. Angkat kukis tidak pada saat panas. Karena kue ini texturnya rapuh sekali, angkatnya harus dengan kasih sayang, atur di toples, jangan diangkat lagi, kecuali mau dimakan.

No comments