[Kitchen] Cokelat = Pahit??

Ternyata cokelat pun beragam jenisnya. Berikut tips untuk memilih jenis cokelat yang sesuai dengan apa yang ingin kamu mau.

Kalau kamu suka sekali makan cokelat, maka cokelat yang pas rasanya di lidah adalah cokelat yang memiliki maksimal 70-75% kandungan kakao. Jika ternyata kandungan kakaonya lebih dari angka maksimal tersebut, rasa cokelat akan semakin pahit. Sebaliknya, cokelat dengan kadar kandungan kakao lebih dari 75% sangat baik digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kue atau diolah menjadi beragam campuran lain.


Bitter Chocolate
          Cokelat jenis ini memiliki proporsi tinggi dengan kadar kandungan kakao sebesar 70-80%. Rasanya pun sangat pahit karena mengandung hanya sedikit gula. Jadi, jika kamu ingin menikmatinya, nikmati saja rasanya yang sangat pahit tersebut jika memang menyukainya. Atau dengan melelehkannya bersama dengan satu bahan yang sangat manis seperti karamel.

Bitter sweet Chocolate
Jenis cokelat ini mengandung kadar 60-70% kakao pada setiap gramnya. Ini yang membuat rasa cokelat jenis ini menjadi seimbang antara manis dan pahit. Jenis cokelat ini memang paling tepat digunakan untuk segala macam resep.
Plain Chocolate
Cokelat dengan kadar kakao hanya 30-35% adalah cokelat yang lazim dikonsumsi langsung dengan rasa yang jelas-jelas manis. 

Milk Chocolate
          Jika kamu menemukan cokelat dengan kadar kakao 20-40%, cokelat ini paling cocok dijadikan sebagai salah satu menu pencuci mulut karena terasa lebih ringan dibanding dengan cokelat yang terlalu pekat.

No comments