Balada Telor Setengah Matang


Udah beberapa kali...
kalo diajak ke beberapa tempat makan, gue pesen telor setengah matang.

Untuk beberapa temen-temen gue...
mereka mempertanyakan.. "sebegitu sukaknya kah gue dengan si telor setengah matang??"

Gue akan dengan polosnya...
"kenapa mesti ga suka...?"
"Ih, kan enak... "
"Sehat pulak..."

Hahahaha...
beberapa dari mereka pun kemudian menimpali dengan bilang...
"amis!"
"geli.. glenyer2 gitu"

Tapi gue sukak.. gimana doongg??

Ternyata...
setelah gue browsing-browsing.. bener ga sik argumen gue tentang sehatnya si telor setengah mateng itu...

Telur itu mengandung banyak banget nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Mulai dari protein, lemak, riboflavin, kolin, lutein, zeaxanthin, selenium, dan masih banyak lagi.
Untuk sarapan?
Telor itu cucok banget...

Itu juga kenapa, kalo lagi nginep di hotel.. 
gue tiaaap hari sarapan telur.. mulai dari di omlette *hanya dengan keju.. atau orak arik.. atau sekalian, telur mata sapi.

Begitu banyaknya si manfaat telur ini..
makanya trus jadi ada tuh yang namanya makan telor setengah matang.
Alasannya?
ya buat menghindari habisnya si nutrisi-nutrisi hebat ini.. karena dimasak terlalu lama.

Cumaaa...
ini yang harus diperhatikan yaaaa...
untuk bisa mengonsumsi telor setengah matang.. kita harus ekstra hati-hati.
Karena...
telur itu rentan banget terkena bakteri salmonella.
yang kalau ga dimasak bener-bener matang dengan panas yang cukup.. bakteri ini bisa menimbulkan penyakit di tubuh kita.

Makanya...
Kalau mau bikin telur setengah matang.. telurnya harus bener-bener diperhatikan.
Apakah cangkangnya retak yang memungkinkan si bakteri itu menyelinap masuk..
ataaaauuu mungkin juga cangkangnya ga dibersihin terlebih dahulu.. jadi pas dimasak dan cangkangnya retak, si bakteri salmonella yang nempel bisa langsung masuk juga ke dalam telur.

Iiicchh..
terus apa efeknya si bakteri Salmonella ini?

Kalo kita makan tetapi kondisi badan kita lagi ga fit.. 
Kita bisa dengan cepat kena infeksi. Di antaranya bisa sakit perut, mual, muntah, diare, sakit kepala, demam sampaaaaiii sakit tipes..

Serem juga yekan?
Tapi ga bikin gue takut kok untuk tetep suka makan telur setengah matang.

Inget yaaa.. 
jaman kecil dulu.. kalo mau les renang pasti disuruh makan telur setengah matang dan madu..
Telur nya gue abisin.. madunya gue buang! hahahahahaa


Komentar

Postingan Populer