Merdeka! Bangga Banget Jadi Orang Indonesia!


Peringatan 17 Agustus selalu jadi momen yang mendebarkan buat gue.
Bukan soal lomba..
Bukan soal rame-rame an seseruan di RT atau RW.

Tapi lebih kepada momen penghormatan di upacara bendera.

Entah kenapa, 
Dulu waktu masih sekolah, disuruh upacara susahnya minta ampun.
Kalopun upacara, pengennya diri di belakang biar bisa ngobrol (ngupdate berita weekend sama temen-temen..)

Tapi sekarang..
Tiaaaaap tahun, kalo nonton upacara bendera di istana...
Mata ini basah..
Bangga.. haru... akan Indonesia yang tahun ini udah berusia 74 tahun.

Momen-momen sakral itu bagi gue adalah pada saat pengibaran bendera merah putih.

Sampe pernah Gagah nanya..
"Kenapa Una kalo nonton upacara bendera kok nangis terus ya??"

ga bisa bilang apa-apa..
kecuali... "kalo kamu bisa ngerasain bangganya jadi orang Indonesia, dek...kamu juga pasti akan terharu"

Menjadi orang yang nasionalisme nya tinggi?
Sebenernya masih banyak yang rasa nasionalisme nya lebih tinggi dari gue..

Tapi bagi gue, jadi orang Indonesia itu membanggakan.
Bangga akan begitu besar wilayahnya dengan segala kekayaan dan keindahan alamnya, segala budaya (mulai dari adat istiadat, bahasa, sampe cara mereka bekerja).. itu semua membanggakan buat gue.

Apalagi ketika berada di luar negeri.. yang jauuuuh banget dari Indonesia.
Yang terpikirkan sama gue cuma "Ya Allah... alhamdulillah bangeeettt gue jadi orang Indonesia yaaa.."

Mau makan... 
Makanannya enaaaak banget karena banyak bumbu yang bikin rasanya jadi lebih mantuuull..
Banyak banget hasil alam.. mulai dari rempah-rempah sampe kopi yang ternyata ga kalah sama punya negara-negara lain.. lebih bahkan karena kontur alam yang kita punya memungkinkan kita punya hasil alam yang lebih beragam.

Belom lagi kalo ngomongin soal budaya..
Baju adat.. Masyaallaaaahh.. banyak banget!
Sampe semua kalo dijejerin, bisa berhari-hari untuk bisa ngeliatin detailnya satu-satu.
Karena dari dandanan itu semua, pasti ada filosofi yang bagus banget kalo kita mau nyari info nya.

Jadi keinget waktu ke museum Ulen Sentalu di Jogja.. 
banyak banget informasi tentang baju adat Jogja yang ternyata ada makna semua..
Dan bikin gue jadi ga sembarangan lagi, bahkan cuma mau milih motif batik untuk padanan kebaya.

Trus sempet wawancara dengan banyak pecinta batik..
yang menceritakan batik-batik kesayangan mereka lengkap dengan segala makna dibalik goresan batik-batik itu.

aaahh.. membanggakan banget!


No comments