Serunya Pinata di Pestamu!

Beberapa kali, bunnies bunciez dapet undangan pesta ulang tahun dengan pinata sebagai salah satu isi acara.

Wah, kalo udah diaba-aba akan ada pinata, biasanya mereka udah langsung pasang kuda-kuda dari rumah dengan mengenakan rok lebar. Tau kenapa?
Rok lebar ini berguna banget untuk menampung permen dan cokelat yang berjatuhan dari pinata yang sudah berhasil dirobohkan. hehehehe...Tricky, yes?

Pinata ini akan digantung dan pasti akan ada satu tongkat yang digunakan untuk memukul. Biasanya yang akan memukul adalah si birthday girl / boy. Namun kejadiannya, karena si anak yang berulang tahun ini masih kecil, biasanya yang akan bantuin mukul adalah orang tua dari yang berulang tahun. Satu lagi yang unik, biasanya yang memukul pinata ini akan ditutup matanya menggunakan kain penutup. Jadi, serunya karena juga si pinata goyang-goyang setelah dipukul dan membuat si pemukul harus berusaha keras menemukan pinata itu. :)


Di Jakarta sendiri, pinata udah ga asing dan susah lagi nyarinya. Saya pernah lihat di ITC Fatmawati, ada mbak-mbak di toko souvenir yang juga lagi nyiapin isi pinata. 

Tante saya juga seringkali menghadirkan hiburan penuh permen dan cokelat ini pesta ulang tahun anak-anaknya. Bahkan saking seringnya, dia udah punya langganan sendiri untuk beli pinata kosongnya, dalam beragam bentuk. 

Kenapa kosong? Karena menurut beliau, membeli pinata kosong akan lebih menyenangkan. Permen dan cokelat buat isi bisa dikondisikan dengan permen dan cokelat yang menjadi favorit teman-teman anaknya.



Selain itu juga, biasanya kalau kita beli paketan, permen dan cokelat yang jadi isian pinata kadang yang kodian alias merk ga jelas yang kita ga tau kualitasnya. Padahal, di beberapa tempat membeli pinata ini, kita bisa juga lho request isi permen dan cokelat sesuai merk yang kita inginkan. Ya, mungkin biar lebih berasa heboh aja kali ya persiapan pesta ulang tahunnya. hehehehe...

Di Jakarta, kebanyakan pinata yang dijual bentuknya sesuai dengan karakter kartun atau film yang sedang banyak digandrungi. Seperti waktu musimnya Angry Birds, atau the Cars, Princess atau karakter kartun film lainnya. Range harganya juga tergantung ukuran dan isinya. Biasanya siy mulai dari 500ribu rupiah hingga seterusnya.

Apa Sich Pinata?
Pinata adalah wadah yang terbuat dari bubur kertas atau tembikar atau bahkan kain yang dihias dengan kertas krep warna-warni. Dalamnya dibuat kopong hingga bisa diisi dengan berbagai macam permen, cokelat atau bahkan koin dan souvenir kecil sebagai penyemarak pesta.

Nama Pinata mungkin terdengar sangat akrab dengan bahasa Meksiko. Memang Pinata ini sangat erat kaitannya dengan Mexico. Padahal sebenarnya budaya pinata ini awalnya berasal dari Cina. Di Cina, pinata digunakan pada perayaan tahun baru. Pinata yang digunakan pun sudah baku dengan bentuk sapi. 

Namun budaya ini menjadi lebih terkenal di masa modern ketika Meksiko membuatnya menjadi sebuah budaya rutin di kota Acolman, sebelah utara Mexico City.
 
Di Acolman, Pinata diperkenalkan untuk tujuan keagamaan. Dimulai dari pinata yang terbuat dari tembikar, juga diisi dengan berbagai permen buah, hingga akhirnya berkembang menjadi sebuah wadah yang terbuat dari bubur kertas dan dihias warna-warni menjadi berbagai bentuk menarik.


Foto: Google.com & Pribadi

Komentar