[Info Kuliner] Edamame

Edamame, atau kacang edamame adalah sejenis kacang kedelai berwarna hijau yang seringkali ditemukan dalam masakan Taiwan, Cina, Jepang, Indonesia dan Hawaii. Kalau dilihat dari namanya sich sepertinya sudah bisa ketebak, sebenarnya jenis kacang kedelai ini berasal dari mana. Di Indonesia sendiri memang populer bahwa kacang ini berasal dari Jepang. Bahkan dielu-elukan diimpor langsung dari Jepang sehingga harganya pun cukup lumayan lah jika dibandingkan dengan jenis kacang kedelai lainnya.


Meski begitu, ternyata edamame bukan termasuk jenis tanaman kacang-kacangan, melainkan termasuk dalam kategori sayuran (green soybean vegetable).

Di Jepang sendiri, edamame termasuk sayuran yang dijadikan cemilan menyehatkan. Bahkan di Amerika, edamame digunakan sebagai bahan baku produk kecantikan kulit serta wajah dan dijual di bagian frozen food di supermarket-supermarket. 

Menyehatkan karena edamame mengandung berbagai zat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Hebatnya, edamame merupakan satu-satunya sayuran yang mengandung 9 jenis asam amino esensial yang dapat menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan metabolisme dan kadar energi yang membantu membangun otot serta sel-sel sistem imun.

Edamame juga mengandung antioksidan dan isoflavon yang dapat mengurangi risiko kanker, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan mengurangi gangguan saat menopause.

Kandungan protein dalam edamame sangat lengkap. Itulah mengapa, kaum vegetarian dapat mengonsumsi edamame sebagai sumber protein karena mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh.

Nah, sekarang...edamame ga impor. Mentang-mentang namanya udah Jepang banget, edamame sekarang udah banyak ditanam di beberapa daerah di Indonesia. Seperti di Jember, sudah terkenal dengan kebun edamame. 

Jadi, mengonsumsi edamame sebagai cemilan...pastinya ga diragukan lagi buat yang takut gemuk atau terjangkit penyakit yang berbahaya. Udah pasti sehat..dan rasanya enak.
Yang paling penting, ga ngeselin ngupasnya, ga sesusah ngupas kuaci kok! hahahaha....

Komentar

Postingan Populer