Diplomasi Tahu

Tahu, olahan kacang kedelai yang populer di Indonesia. Murah dan memiliki citarasa yang khas selain juga sehat dan dapat divariasikan menjadi berbagai macam sajian.

Tahu diproduksi sesuai dengan keamanan pangan, diolah secara tepat dan direkomendasikan oleh para pakar nutrisi sebagai makanan sehat. Tercipta dari tangan kreatif bangsa Cina.

Berawal dari Kedelai Berkualitas
Tahu terbuat dari kedelai kuning yang direndam dalam air. Kemudian dihaluskan dan dimasak sampai matang menyerupai bubur kental. Selanjutnya, disaring dan diproses menjadi tahu. Kita bisa lihat, berbagai jenis tahu dipasarkan. Tentu saja masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda.



  1. Tahu Putih. Sangat populer di Indonesia karena mudah dijumpai. Diproduksi dengan skala pabrik. Teksturnya cenderung padat dibandingkan dengan jenis tahu lainnya. Disimpan dengan cara merendamnya dalam air. Serta disimpan di suhu ruang atau dalam lemari pendingin.
  2. Tahu Cina. Teksturnya sangat lembut dengan aroma khas kedelai. Biasanya dijual dengan cara dibungkus dengan kain katun tipis putih dan direndam dalam air.
  3. Tahu Kuning Bandung. Warna kuning karena menggunakan sari kunyit, tetapi warna kuning hanya ada di bagian luar. Sedangkan bagian dalamnya bewarna putih. Rasanya terbilang lezat dan populer sebagai kudapan.
  4. Tahu Sumedang. Dijual dalam keadaan siap santap. Bagian luarnya bewarna coklat dengan kulit yang kasar. Bagian dalamnya tidak terlalu padat. Tetapi teksturnya sangat lembut.
  5. Tahu Pong Semarang. Dinamakan pong, karena bagian tengahnya kopong (kosong). Biasanya dijadikan kudapan dengan cara digoreng. Disajikan dengan sambal petis yang lezat.
  6. Tahu Kediri. Ada dua jenis, tahu putih biasa dan tahu takwa. Tahu takwa Kediri bewarna kuning pucat, berbeda dengan tahu takwa orange. Menggunakan sari kunyit sebagai pewarna. Tahu Kediri dapat dinikmati langsung, tanpa perlu diolah, ketika  proses produksi selesai.
  7. Tofu, tahu jepang ini memiliki tekstur sangat lembut dan mudah hancur. Adonan tahu tidak dicetak, melainkan dimasukkan ke dalam kantung plastik tebal kedap udara. Lazimnya, tofu berwarna putih. Namun, ada juga yang berwarna kuning dengan tekstur kenyal dan tidak mudah hancur. Tofu ini menggunakan telur sebagai bahan tambahan. Oleh karena itu disebut sebagai egg tofu.

Komentar