[Journal] Sehat itu Mahal!

Bener kan?

Bener lah!

Gue baru banget ngerasain yang namanya sakit sampe harus diopname. Alhamdulillah selama ini gue termasuk yang jarang banget sakit parah. Paling flu, batuk pilek, gatel (hahaha) dan sakit-sakit ringan lainnya deh yang masih bisa ditanggulangi sama obat-obat bebas.

Dimulai dari hari Senin siang..

Gue berempat sama ayah, Kakak dan Lalo ke kantor BPJS buat ngurus perpanjangan BPJS kan. Ternyata dari satpam kantor BPJS kita dapat informasi kalau pelayanan sekarang dilakukan secara online. Jadi memang kita cuma sebentar banget di kantor BPJS. Itupun ga masuk ke dalam kantor BPJS nya, cuma di meja satpam depan aja. Teras lah gitu...

Dari sana.. kita langsung ke Pasmod BSD karena emang kebetulan jam makan siang. Jadi kita mau cari makan.. hmm... soto mie pak Dozan enak niiiyy. Yekaaan?

Di Pasmod kita makan, cari cemilan, jajan-jajan bentaran sambil mampir bentar ke TBK Laris, cari buat stok bahan gitu deh.

Beli kue soes karena pengen nyobain aja rasa-rasanya.. sempet foto-foto di toko kue soes itu.. trus kita pulang deh.

Sampe rumah... goler-goler bentar aaah depan TV. Ternyata ketiduran sampe agak sore, menjelang magrib gitu deh.

Begitu bangun dari goler-goler.. eh kok pusing..

Langsung deh tuh masuk kamar trus selonjoran bentar, pengennya sampe magrib trus baru keluar makan deh ngurusin makan malem. Tapi ternyata pas udah selonjoran di kamar, baru berasa demam... trus ga kuat lagi deh buat bangun dari kasur.

Saat itu yang dipikiran gue adalah... oooh, menjelang jadwal menstruasi nih. Badan suka agak koslet dikit. Biasanya gitu, nanti pas udah mens trus selesai deh demam-demam atau pusing gitu.

okeh, istirahat dulu... tidur aja deh setelah minum parasetamol. Tapi ternyata malem ga bisa tidur karena kepala pusing banget, sakiiittt...

Besoknya masih demam, malah tambah tinggi. Ga bisa turun hanya karena parasetamol. Demamnya manteng, ga naik turun... kepala makin pusing. Udah mulai ga nafsu makan, mulut pait.

Makan seperlunya aja.. sampe dibujuk-bujuk sama Naya. Tapi tetep udah ga ketelen deh itu makanan. Langsung mual. 

Tengah malem, malah makin mual dan agak muntah dikit.... tapi karena gue ga makan apa-apa, basically cuma banyak minum air putih jadi ya muntahnya air aja gitu.

Hari ketiga gejala masih sama. Demam tinggi, kepala pusing (nyeri sik lebih tepatnya) trus mulut paiiit banget. 

Gue hajar vitamin kan tuh, cuma karena emang ga makan-makan, kayaknya perut ga kuat. Malah jadi diare. OK gue harus pake pampam nih... karena ga mungkin lari-lari ke toilet dalam kondisi susah bangun dari kasur.

Pikiran udah mulai macem-macem nih... karena gejala nya begitu, gue udah mikir, "Ya ampun... positif covid nih gue!"

Tapi dapet dari mana? Apa gara-gara ke Pasmod hari itu? Eh tapi masa secepat itu, ga sampe sehari langsung demam? 

Atau efek dari vaksin covid waktu itu? Tapi kan udah lama banget... udah lebih dari 2 minggu, masa sih efeknya baru berasa sekarang? Ga mungkin banget kan?

Ataaaauuu terpapar dari istri sepupu yang datang berkunjung dari Cilegon? Yang waktu ke sini? Yang pas mau pulang malah minjem termometer karena baru ngaku kalo ternyata dia lagi demam? Waaah, ini nih pasti! Hampir yakin lah gue akan teori ini.

Dari Senin sore sampai Jumat pagi ternyata kondisi ga juga membaik. Mens sik beneran datang. Cuma kondisi demam, pusing, mual, ga nafsu makan, diare masih teruuusss...

Akhirnya Jumat malem, ga kuat lagi deh. Gue harus diperiksa dokter nih. "Covid.. Covid deh. Pasrah gue"

Udah kepikiran tuh, kira-kira kalo beneran Covid, gue akan diisolasi di mana? Kemayoran? Atau ada rumah sakit lain yang lebih deket dari Kemayoran.

Ah udah macem-macem deh di pikiran gue malam itu...

Ternyata, begitu ketemu dokter.. ga pake diperiksa babibubebo.. dokternya langsung tegas bilang, "Ibu.. Ibu ini DBD deh pasti!"

Gue langsung melongo. Hah? DBD? Kebeneran memang tetangga depan rumah itu anaknya baruuuu aja pulang dari opname karena DBD. Berarti gue ketularan dia? Atau dokter ini salah diagnosa?

Akhirnya malam itu juga darah gue diperiksa dan BENAR... trombosit gue yang harus nya minimal 150.000... cuma ada 50.000!

Gue harus segera diopname karena trombo udah rendah banget!

Sabtu pagi, langsung deh brangkut ke IGD RS deket rumah. Deket rumah aja biar yang nungguin gampang gantian dan kalo perlu apa-apa bisa langsung ambil ke rumah. 

Karena, berbarengan dengan gue sakit itu, passss banget dengan ribet-ribetnya sekolah anak-anak. 

Gagah harus ambil raport dan gue kebagian tanggung jawab kasih bingkisan ke sekolah, Naya juga ambil raport. Sementara Lalo harus urus-urus kelulusannya.. plus dia juga ulang tahun...

Di IGD, diperiksa deh tuh secara menyeluruh. Sampe dites PCR, apakah gue positif atau tidak virus Covid-19. Alhamdulillah negatif (Yaaaiiyy!!!).

Yang ternyata, banyak banget cerita lucu di IGD ini (menurut Naya yang cerita setelah gue udah pulang opname)... nanti gue bikin 1 cerita lagi sendiri

Percaya ga percaya... dari jam 10 pagi.. gue baru dapet kamar jam 3 sore. Antri, Cuy! kamar-kamar di RS juga pada penuh karena banyak banget yang sakit DBD, typhus, dll deh..

Mari kita bermalam di RS, jarang-jarang loh gue begini :p..

Semoga ini yang terakhir kali. 



bersambung ke part 2...


No comments