[Beauty] 4 Cara Memotong Kuku yang Benar

Kuku merupakan bagian tubuh yang tumbuh di ujung jari, berasal dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. 
Itulah mengapa kalau kuku bayi masih lembut, tidak sekeras kuku orang dewasa.




Fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang dipenuhi urat saraf. 

Sebab, pada kulit di bawah kuku, terdapat banyak sekali pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah yang kuat, sehingga warnanya kemerah-merahan. 
Selain itu, kuku juga berfungsi untuk mempertinggi daya sentuh. Kuku manusia dapat tumbuh sepanjang 0.5 hingga 1.5 mm, tergantung suhu tubuh.

Beberapa hal yang harus perhatikan ketika memotong kuku: 


  • Memotong kuku yang benar adalah lurus. Sebaiknya tidak memotong bagian pinggirnya dengan melengkung karena berisiko membuat kuku kaki tumbuh ke dalam dan menimbulkan infeksi. 
  • Hindari memotong kuku terlalu pendek. Selain bisa menimbulkan rasa perih, kuku yang dipotong terlalu pendek juga rentan terhadap infeksi. 
  • Saat akan memotong kuku, sebaiknya pastikan kuku dalam keadaan kering. Kuku yang basah akan lebih mudah sobek. Akibatnya proses pemotongan bisa kurang rapi. 
  • Jangan memangkas kuku dalam sekali potong. Potonglah sedikit demi sedikit, untuk menghindari pemotongan yang terlalu pendek, yang juga bisa menimbulkan luka.

No comments